Skip to main content

MRT Jakarta #Ratangga#Day45

Saat MRT memulai ujicobanya tanggal 12 Maret 2019, saya salah satu orang yang merasa "excited" dengan beroperasinya moda baru ini. Saya sendiri mungkin akan menggunakan transportasi ini sesekali saja, karena kebetulan jalurnya tidak bersinggungan dengan jalur harian saya. Nah, kebetulan pagi ini tugas ada ke suatu tempat yang berdekatan dengan stasiun MRT, so mari kita lihat perkembangannya sampai saat ini

Jumlah Halte
Saat ini, hanya terdapat satu jalur yang membentang dari Jakarta Pusat hingga Jakarta Selatan, dengan total 13 Halte : Bundaran HI - Dukuh Atas - Setiabudi - Bendungan Hilir - Istora - Senayan - ASEAN - Blok M - Blok A - Haji Nawi - Cipete Raya - Fatmawati - Lebak Bulus. Dari 13 halte ini, 6 diantaranya dibawah tanah, sisanya diatas permukaan tanah.
Kedepannya, akan dibangun MRT fase 2 dengan jalur Bundaran HI (Jakarta Pusat) sampai Kota (Jakarta Utara) yang direncanakan baru beroperasi tahun 2024.

Sistem Pembayaran dan Tarif
Pembayarannya bisa menggunakan e-money (electronic money), misal e-money Mandiri, brizzi BRI, flash BCA, dll. Bagi masyarakat Jakarta tentunya hal ini sudah bukan hal baru lagi, karena saat ini e-money punya banyak kegunaan, mulai untuk bayar KRL, Transjakarta (Busway), Tol, dll.
Selain e-money, tiket juga bisa didapatkan di loket atau melalui mesin pembelian tiket otomatis yang tersedia di halte dengan memasukkan uang tunai (receh dan kertas, untuk uang kertas maksimum 50 ribu). Tiket berupa kartu dengan nama Kartu Jelajah (lihat gambar).
Untuk kartu jelajah ini harganya Rp. 15.000,- dan bisa di refund di petugas loket (sama kayak KRL). Untuk tarif sendiri tergantung jarak tempuh penumpang, dengan tarif termurah Rp. 3000,- dan jarak terjauh (Bundaran HI - Lebak Bulus) Rp. 14.000,-

Kartu Single Trip MRT bisa diperileh dari mesin tiket otomatis
Ketepatan Waktu
MRT memiliki jadwal keberangkatan tiap 10 menit, saya sejauh ini sudah 2 kali mencoba moda ini, bisa dikatakan jadwal tepat waktu.

Naming Rights 
Bagi yang dengan seksama mendengarkan pengumuman halte pemberhentian selanjutnya, pasti tahu jika beberapa halte MRT memiliki embel-embel sponsor di belakangnya. Jadi, ini merupakan salahsatu strategi yang dilakukan PT. MRT untuk dalam memperoleh pendapatan. Sumber: https://www.jakartamrt.co.id/naming-rights/

Animo Pengguna# H45
Saya menggunakan MRT dari Halte Bundaran HI sekitar jam 08:30, dimana bisa diasumsikan masih dalam batas jam kerja. Pada jam segini, Penumpang dari halte ini tidak terlalu rame, semua penumpang bisa duduk dan masih terdapat beberapa bangku kosong. Tapi... begitu memasuki halte Dukuh Atas, jumlah penumpang semakin meningkat dan padet det... Jadi bisa dibilang MRT menjadi moda alternatif yang diminati para penjelajah ibukota.

Suasana MRT dari Bundaran HI jam 08:30 pagi. Foto sengaja di buramkan untuk menghormati privasi model 

Ratangga
Jadi sebenarnya MRT Jakarta itu punya nama loh. Yup!, namanya 'Ratangga', yang di ambil dari kitab Sutasoma, kitab yang sama darimana Bhinneka Tunggal Ika berasal. Mungkin karena masih baru, saya kurang familiar dengan nama ini. So, let see, apakah nama Ratangga akan semakin populer kedepannya.

Cara Naik MRT dapat dilihat pada link berikut
https://youtu.be/uF8h4mcX1lo

Comments

Popular posts from this blog

The Story of My Grandpa

Ode to my Grandpa Malam sebelum Hari Raya Idul Adha 1442 H / atau tepatnya tanggal 19 Juli 2021 sekitar jam 19:00 WIB mbah Kakung tersayang (dari pihak ibu) atau orang biasa memanggil mbas Bas, pergi menghadap Allah SWT di usia 93 tahun di kediamannya di Blitar.  He is the only grandpa that I know of, karena kakek dari pihak Ayah sudah meninggal sebelum saya lahir. Saat kecil, saya termasuk sangat dekat dengan mbah kung karena memang kebetulan rumah orang tua saya berdekatan dengan rumah mbah dan saya adalah cucu perempuan pertama. In my childhood, saya bahkan menghabiskan waktu saya lebih banyak di rumah mbah dibanding di rumah sendiri. Saat balita, mbah kung lah yang kadang mengantar saya ke tukang urut anak, beliau akan menggendong saya dengan gendongan kain sambil mengayuh sepeda perangnya. Saya juga sering ikut kesawah dengan naik gledekan made in mbah kung.   Mbah kung tipe orang yang sangat aktif (almost hyperactive) yang tidak tahan jika harus diam saja. Beliau sosok pekerja ke

Potongan harga untuk Kacamata oleh Askes

Baru baru ini saya punya teman baru bernama ‘Visi’ , kacamata minus yang saya beli dengan fasilitas potongan harga dari Askes.   Meskipun beberapa teman yang setelah mendapat informasi tentang rentetan tatacaranya banyak yang berpendapat bahwa proses nya terlalu rumit, tapi tak ada salahnya saya tetap berbagi bagaimana mendapatkan kacamata dengan potongan harga dari Askes dan berapakah besarnya. Pertama, bagi yang belum pernah sama sekali menggunakan kartu Askes anda, berikut adalah cara mengaktifkannya (khususnya buat yang bekerja di luar kota asal): Langkah pertama adalah melapor di Askes setempat. Bagi anda yang punya KTP dan domisili di tempat yang sama tentunya tidak akan jadi masalah, tapi buat yang harus berpindah ke daerah lain, pastikan anda melapor pada kantor ASKES yang berada diwilayah puskesmas tujuan anda (dengan membawa kartu askes yang sudah anda miliki tentunya); Anda akan mendapatkan surat dari ASKES yang ditujukan untuk Puskesmas tujuan anda; Langkah s

On my way to work # Mei 2019 #Demo Massa #pasca Pilpres

21 Mei 2019 Tidak ada yang spesial hari itu, rutinitas dimulai dengan berangkat ke tempat kerja. Suasana pagi hari di tempat kerja kurang lebih sama, tidak ada sesuatu luar biasa untuk dikenang. Tentang didirikannya posko polisi di sekitar Thamrin juga telah menjadi pemandangan biasa, karena kurang lebih 10 hari terakhir ini sudah beberapa kali ada demo di depan Bawaslu, sehingga memang perlu pengamanan lebih. Tapi hari ini akan menjadi spesial karena dini hari tadi menjelang waktu sahur, KPU telah mengumumkan pemenang Pemilu 2019, sedikit lebih maju dari jadwal semula... Menjelang siang, terlihat massa sudah mulai memenuhi perempatan Thamrin. Kebetulan tempat kerja saya sangat dekat dengan lokasi massa berada. Beberapa rekan yang rumahnya jauh memilih untuk pulang lebih cepat dari biasanya, karena akses di sekitar tempat kerja memang sudah mulai ditutup. Saat pulang kantor, massa sudah memenuhi perempatan Thamrin. Saya ingat waktu itu suasana termasuk kondusif. Saya bisa melewati